Sabtu, 26 Februari 2011

Transmisi Manual Mobil Bermasalah?

Mobil anda menggunakan transmisi manual? Kalau iya, coba perhatikan mobil anda apakah transmisi mobil anda mengalami beberapa hal di bawah ini. Tanda-tanda dibawah ini merupakan tanda-tanda bahwa sistem transmisi mobil anda mengalami masalah. Dan tentu saja masalah tersebut kalau didiamkan dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara anda.
Tanda-tanda yang patut diwaspadai :

  1. Tidak responsif. Sistem transmisi dirancang agar kita mendapatkan gerakan seefisien mungkin terhadap kerja mesin. Bila kendaraan tidak bergerak secepat kerja mesin maka dapat dipastikan ada masalah dengan mobil anda. Entah kopling yang aus atau spare part pada bagian transmisi lainnya yang tidak bekerja maksimal. Kadang dapat terjadi juga tongkat pemindah gigi berpindah ke netral dengan sendirinya.
  2. Bunyi-bunyian aneh. Terutama pada saat anda memindah giginya atau dari bagian bawah mobil, di daerah gardan. Kalau didiamkan terus, lama-kelamaan suara menjadi lebih sering terdengar.
  3. Bergetar. Pada saat memindah gigi terasa susah atau bergetar, seolah-olah tidak dapat masuk ke dalam slot yang tersedia.
  4. Lampu indikator. Bila mobil anda dilengkapi dengan lampu indikator check engine atau service engine akan memudahkan anda untuk memastikan ada masalah pada mesin mobil anda.
  5. Kebocoran. Hal ini juga merupakan indikator yang mudah untuk mengetahui adanya maslah pada mesin anda. Jika menemukan noda oli di lantai bawah mobil dan anda mengetahui bahwa ketinggian oli berkurang maka dapat dipastikan terjadi kebocoran oli.
Hal ini tak ubahnya seperti ketika kita menganalisa tubuh kita, contoh bila perut kita sakit, pasti kita akan berpikir apa yang salah ya dengan tubuh kita. Demikian halnya dengan transmisi manual mobil anda, bila terasa tidak nyaman atau tidak berfungi dengan sebagaimana mestinya, tentunya ada sesuatu yang bermasalah di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar